oleh

Indonesia Power Kembali Berkontribusi Terhadap Kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih

Jakarta 27/6/2020 Indonesia Power sebagai perusahaan energi terpercaya dan handal kembali mencuri
perhatian dengan kembali berkontribusi terhadap kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) melalui program Tempat Olahan Sampah Sungai (TOSS) yang merupakan sebuah inovasi terbaik sebagai solusi permasalahan sampah di bantaran sungai Ciliwung dan pemanfaatannya sebagai bahan baku energi alternatif berskala komunitas setelah sebelumnya sukses dengan TOSS(Tempat Olah Sampah
Setempat) di Bali, BOSS(Biomass Operating System Of Saguling) di Bandung dan JOSS(Jeranjang Olah
Sampah Setempat) di Lombok yang turut diinisiasi oleh Supriadi Legino Komisaris Utama Comesttoarra.com.

Indonesia Power melalui salah satu unitnya yaitu Indonesia Power Priok Power Generation and O&M
Services Unit(PRO POMU) akan menjadikan program ini sebagai aditionalitas program yang akan
dikembangkan nantinya sebagai program pemberdayaan masyarakat yang ada di wilayah Ring 2.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang Pelestarian Lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melakukan perubahan perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Pada kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih
ini, Indonesia Power tidak pernah absen untuk turut hadir dan melakukan aksi nyata, salah satunya dengan memberikan bantuan untuk produksi TOSS dalam bentuk Gasifier dan Genset.

Tentunya kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama yang dilakukan oleh beberapa institusi pendiri Gerakan Ciliwung Bersih seperti Gubernur DKI Jakarta, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,
Menteri Pekerjaan Umum, BPLHD DKI Jakarta, Perguruan Tinggi, LSM dan DML dengan Indonesia
Power.

Keterlibatan Indonesia Power dalam kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih yakni dengan mengimplementasikan inovasi dalam pengelolaan sampah yang bertujuan untuk mengurangi limbah
sampah mengingat mempunyai dampak besar pada pencemaran sungai untuk dapat dimanfaatkan secara aspek lingkungan, sosial-masyarakat hingga aspek ekonomi.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Ciliwung Bersih, Indonesia Power hadir dan turut mendukung dan mengembangkan inovasi TOSS dalam menjawab permasalahan pencemaran
lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dihasilkan oleh masyarakat yang mampu mengolah
sampah sungai menjadi raw material energy sekaligus mendapatkan solusi mengenai permasalahan sampah sekitar bantaran sungai.

Program TOSS ini merupakan bentuk dukungan untuk target pemerintah dalam pengurangan sampah rumah tangga serta penanganan sampah sungai.

Dengan diimplementasikannya program TOSS besar harapan penerapan program dapat menyasar target pengurangan sampah rumah tangga yang dicanangkan pemerintah berkurang sebesar 30% dan untuk pemanfaatan dan penanganan sampah meningkat sebanyak 70% di tahun 2025 dapat terpenuhi.

“PLN dan Indonesia Power sangat welcome dan komit dengan penggunaan renewable energy dan pengembangan komunitas, maka kami yakin jika Indonesia Power akan menjadi leading dalam bidang renewable energy,” tutup M. Ahsin Sidqi,Direktur Utama Indonesia Power saat hadir dalam acara Gerakan Ciliwung Bersih. (fins)

News Feed