oleh

Menjelang Libur Panjang Dirlantas Sambodo Purnomo Yogo Memprediksi Arus Mudik Libur Panjang Terjadi Tanggal 27-28 Oktober 2020

Jakarta 24 Oktober 2020. Polisi mengantisipasi kepadatan kendaraan saat libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memprediksi masyarakat puncak arus mudik pada libur panjang akhir Oktober terjadi pada Selasa, 27 Oktober 2020 dan Rabu, 28 Oktober 2020. Sedangkan, arus balik terjadi pada 1 November 2020 dan 2 November.

“Kita akan melaksanakan libur panjang Minggu depan, puncak arus mudik liburan kemungkinan Selasa malam sampai Rabu pagi. Kemudian arus baliknya hari Minggu sampai dgn senin subuh itu arus balik liburan,” ujar sambodo Jumat (23/10).

Polda Metro Jaya telah menyiapkan 15 pos pengamanan yang dibangun di Jalan Tol maupun Jalan Arteri serta di tempat-tempat wisata ,Pihaknya telah memetakan ruas jalan yang rawan terjadi kemacetan. Antara lain di Cawang, kemudian di ruas Jalan Tol Elevated Jakarta-Cikampek KM10, Cikarang Barat dan Cikarang Utama.

Sambodo menjelaskan “sedangkan arus balik diperkirakan kepadatan kendaraan terjadi di Kilometer 62, pihaknya telah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. Namun, perlu dikoordinasikan dengan Korlantas karena ada beberapa ruas jalan yang bukan kewenangan Polda Metro Jaya. Ini sangat terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tol termasuk juga skenario-skenario misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional nanti kita lihat perkembangan situasi di lapangan,” terang dia.

Sambodo mengingatkan, Pandemi Covid-19 di Indonesia belum mereda Sambodo mengimbau kepada masyarakat yang telah merencanakan untuk menikmati libur panjang tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  Tetapi sebaiknya tidak usah liburanlah untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19,” tutupnya

 

News Feed