oleh

Mudasir Usman : Pariwisata Harus Di Perhatikan Oleh Calon Kepala Daerah Dalam Pilkada

Beritapotret – Sesungguhnya saat ini masyarakat Wakatobi lebih membutuhkan sesuatu yg realis dari sosok leadership yang memiliki konsep luas dan multitalent,.ingat,.. ada 2 hal yg fundamental menjadi konsentrasi serius bagi Wakatobi saat ini, juga sekaligus hal ini merupakan suatu tantangan yg berat pada masyarakat Wakatobi ketika pemimpin mengabaikan 2 hal yg mendasar, yaitu: pertama, pada calon bupati dan wakil bupati harus dapat menemukan langkah2 langkah dan program yang lebih kongkrit untuk menuju proses pembangunan sumber daya alam berbasis EKONOMI KERAKYATAN.. dan yg ke2 Pada calon harus dapat menawarkan PLATFORM STRATEGIS, peningkatan sumber daya manusia yg berdaya saing dan berbasis ECOTOURiSM selaku daerah parawisata( KSPN).

kritik saya..:: jangan pada momen pilkada saat ini justru para calon tidak memiliki visi misi yang jelas untuk pengembangan daerah tapi malah ngobrol untuk pembangunan Wakatobi dan masa depan yang sustainable, karena kesan debat calon saat ini hanya pada konsep peningkatan sektor pelayanan serta transportasi.. kepemimpinan Wakatobi saat ini tidak menarik jika hanya dengan menyontek dan menguraikan prestasi parawisata yang sudah ada bagaikan( cerita indah nostalgia) serta program yang bersifat general( umum) alias tidak menjadi solusi yg nyata bagi masyarakat,”Ujar Mudasir Usman.

Dan sesungguhnya masyarakat wakatobi mengharapkan terobosan yg jauh lebih berani dan nyata,di terima oleh dunia internasional (out of the box) ..namun kesan debat publik hari ini hanya mengambarkan visi misi untuk tampil secara politik tp tidak menyentuh program yang kongrit untuk masyarakat2contoh pada debat publik hari ini terdapat /minimnya ide dan gagasan calon untuk mengali potensi kearifal lokal yang sesungguhnya di Wakatobi…baik sumber daya alam, maupun sosial kultur dalam masyarakat Wakatobi sendiri.

contoh,. terobosan untuk membangun kerjasama pada keindahan coral bawah laut Wakatobi dan misi pada sektor ekonomi yg pendekatan nya berbasis UMKM pada industri kreatif…saya kira ini akan menjadi sesuatu yg lebih di harapakan oleh Masyarakat serta solusi pada misi ” penguatan ekonomi nasional” saat ini,”tutur Mudasir. (fins)

News Feed