oleh

ANTISIPASI BANJIR, KOARMADA I BERSIH BERSIH KALI ANAK SUNGAI CILIWUNG

Dengan meningkatnya curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam dua bulan terakhir, Ratusan Prajurit Koarmada I bersama PPSU dan Personel Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Sawah Besar melaksanakan bersih-bersih Kali Anak Sungai Ciliwung untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah yang dapat mengakibatkan banjir, Selasa (1/12/2020).

Bakti Sosial Bersih-Bersih Kali Anak Sungai Ciliwung di wilayah Kecamatan Sawah Besar Kelurahan Pasar Baru ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Armada RI Ke-75 Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Kegiatan diawali dengan Apel Pembagian Sektor Personel di Mako Koarmada I dipimpin oleh Dandenma Koarmada I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T. Selanjutnya menuju ke lokasi di depan Mako Koarmada I dengan menyisir dan membersihkan sampah-sampah di aliran Kali Anak Ciliwung sampai di depan Pasar Baru dengan menggunakan sarana perahu karet dan perlengkapan kebersihan.

Pada kesempatan tersebut, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., mengatakan “Kegiatan bersih-bersih kali di wilayah kerja Koarmada I bukan hanya dilakukan pada saat peringatan Hari Armada yang biasa diperingati setiap tanggal 5 Desember, tetapi merupakan agenda rutin yang dilakukan Prajurit Koarmada I pada saat musim penghujan telah tiba,” kata Pangkoarmada I.

“Dengan rutinitas bersih-bersih kali, kita berharap semoga masyarakat sekitar bisa termotivasi dengan kegiatan ini dan semakin sadar dan berusaha untuk tidak membuang sampah ke sungai, khususnya sampah plastik dan limbah rumah tangga yang banyak dikumpulkan hari ini,” pungkasnya.

Bersih-bersih kali di sekitar Mako Armada I melibatkan 425 orang yang terdiri dari Prajurit dan PNS Koarmada I sebanyak 350 orang, PPSU Kecamatan Sawah Besar dan Kelurahan Pasar Baru 50 orang serta Dinas Lingkungan Hidup 25 orang.

Kegiatan yang dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 berhasil mengumpulkan 200 karung sampah yang selanjutnya dibuang ke TPA oleh Dinas Kebersihan Kecamatan Sawah Besar.

News Feed