oleh

SEA WARRIOR DEBARKASI MATERIAL TEMPUR SATGAS PAMTAS MOBILE PAPUA

Jakarta, 4 Januari 2020 – Satya Wira Jala Dharma. KRI Banda Aceh 593 yang berjuluk Sea Warrior melaksanakan dukungan operasi angkutan laut militer dalam rangka pergeseran Satuan tugas Pengamanan Daerah Perbatasan (Pamtas) mobile wilayah Papua.

Kapal jenis Landing Platform Dock yang merupakan andalan Kolinlamil ini selain mengangkut pasukan TNI AD yang tergabung dalam Satgas Pamtas mobile Papua juga mendukung angkutan muatan material-material dari satuan-satuan lain seperti Pasmar 3 Yonmarhalan XIV, Menkav 1 Marinir Yon Kapa 1 Marinir, Pushidrosal, Dopusbekbar, Dopusbektim dan Koarmada III. Dan kini sedang melakukan debarkasi muatan tersebut di Dermaga umum Sorong, Senin (4/1).

Komandan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Mochamad Achnaf mengatakan bahwa kapalnya dan seluruh anak buah kapal dalam kondisi siap sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamtas RI – PNG Batalyon TNI AD ini berlangsung dengan aman dan lancar. Selain menurunkan pasukan di daerah operasi yang telah ditentukan, kapal perang tersebut mendukung pergeseran material untuk Kotama diwilayah Sorong.

โ€œKRI Banda Aceh 593 dalam kondisi siap operasi. Mesin penggerak dan Sewaco pun dalam kondisi prima setelah dilaksanakan perawatan dan pemeliharaan rutin. Para prajurit pun dalam kondisi siap dan telah di SWAB antigen covid 19. Semua dinyatakan non reaktif,โ€ ujar Komandan KRI.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, SH., CHRMP, M.Tr (Opsla) menyatakan KRI Banda Aceh 593 salah satu unsur KRI andalan Kolinlamil siap mendukung angkutan laut militer mengangkut Satgas Pamtas mobile perbatasan Papua dan dukungan pergesaran material lain.

โ€œSesuai dengan tugas pokoknya dan kondisi prajurit serta kapal, KRI Banda Aceh 593 siap melaksanakan tugas operasi pergeseran Satgas Pamtas Papua mobile,โ€ kata Laksda TNI Irvansyah.

Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material, dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

Kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) diawal tahun 2021 ini melaksanakan dukungan terhadap operasi pengamanan perbatasan (Pamtas), melalui pergeseran pasukan (Serpas) maupun pergeseran logistik (Serlog) dan pergeseran material (Sermat).

Panglima Kolinlamil menyatakan hingga saat ini kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta, Satlinlamil 2 Surabaya dan Satlinlamil 3 Makassar siap dalam mendukung pelaksanaan operasi dukungan angkutan laut militer ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai perintah operasi. (Dispen Kolinlamil)

News Feed